Senin, 22 Juli 2019

Pengepakan (Packing)



Pengepakan atau packing adalah cara untuk menyusun seluruh peralatan dan perbekalan yang akan dibawa dalam perjalanan. Pengepakan biasanya disusun dalam sebuah ransel, semakin lama perjalanan, biasanya akan semakin berat dan besar ransel yang digunakan. Namun pengepakan bukan hanya dalam ransel, pengepakan juga dilakukan dalam berbagai tempat seperti di mobil, bagasi motor atau kontainer khusus untuk packing.

Pengepakan yang baik menandakan baiknya perencanaan perjalanan. Orang yang terbiasa melakukan perjalanan jauh terlihat dari kemampuannya melakukan packing. Packing yang baik akan menghasilkan kenyamanan dan efisiensi. Prinsip utama dalam packing adalah keseimbangan beban. Ini bergantung kepada cara kita menumpukkan berat beban pada tubuh sedemikian rupa, sehingga kaki dan tangan dapat bekerja secara efisien.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan packing peralatan dan perbekalan dalam ransel:
1. tempatkanlah barang-barang yang lebih berat setinggi dan sedekat mungkin ke badan. barang-barang yang relatif lebih ringan (sleeping bag, pakaian tidur) ditempatkan di bagian bawah.
2. letakkan barang-barang yang sewaktu-waktu diperlukan pada bagian atas atau pada kantung-kantung luar ransel (ponco, alat p3k, kamera, dan lain-lain).
3. kelompokkan barang-barang dan masukkan ke dalam kantung-kantung tersendiri (pouch), seperti kantong pakaian (pakaian tidur/cadangan, pakaian dalam), kantong bahan makanan, kantong peralatan toilet), kantong bahan bakar
4. manfaatkan ruang kosong pada ransel seoptimal mungkin, seperti gelas, nesting, dll. Termasuk manfaatkan setiap celah kosong di antara barang-barang di dalam ransel 
5. matras tidur yang dimasukkan ke dalam ransel dapat membantu mempertahankan bentuk ransel dan mempermudah penyusunan barang ke dalam ransel, sehingga menjadi padat, rapi dan efisien.



Cara menyusun perlengkapan ke dalam ransel sesuai urutan berat-ringan adalah sebagai berikut:
1. benda terberat diletakkan di bahu atau atas bahu
2. benda yang agak berat, diletakkan diantara pinggang dan bahu
3. agak ringan dan tidak terlalu padat, diletakkan diantara pinggang dan bahu 
4. yang teringan diletakkan di bagian pinggang


Hal-hal lain yang membantu pengepakan :
1. pastikan terlebih dahulu bahwa barang yang akan dipacking sudah lengkap. Lebih baik setiap item peralatan ditimbang terlebih dahulu, sehingga terlihat berapa jumlah total berat ransel. Untuk bahan makanan lebih baik lagi jika ada perkiraan kandungan gizi, sehingga kita bisa yakin bahwa kebutuhan gizi akan terpenuhi dalam perjalanan. Hitunglah perbandingannya dengan berat tubuh (maximum utility in minimum weight).
2. pergunakan ransel yang memiliki label kemampuan daya tampung (berat), agar berat isi ransel sesuai dengan kemampuan ransel.
3. kotak-kotak atau pembungkus makanan seperti kaleng makanan jika memungkinkan dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam plastik tahan air, ini akan membantu meringankan beban. 
4. setelah semua barang masuk, kencangkan tali ransel. Perhatikan agar setelan ransel sudah sesuai dengan bentuk tubuh.

    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.