Kamis, 25 Juli 2019

Pengelolaan File Pada Komputer



Komputer berisi data dan program, Program merupakan file komputer yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Sedangkan data merupakan file hasil kerja program komputer yang dapat diedit, dibuka, dihapus, dan sebagainya. 

Sementara itu, folder adalah suatu tempat untuk mengumpulkan file. Lalu, dimanakah letak file dan folder komputer? Secara umum, user dapat menjalankan program Windows Explorer untuk melihat isi komputer Anda. Cara mudah untuk membukanya adalah menekan tombol Ctrl + logo Windows pada keyboard secara bersamaan.

My Computer merupakan induk lokasi penyimpanan semua file data dan program. My documents adalah tempat penyimpanan file data user. Local Disk C: adalah tempat penyimpanan file Windows dan file program. Local Disk D: adalah tempat penyimpanan tamabahan dan biasanya digunakan untuk penyimpanan data. CD/DVD Drive menampilkan isi data CD maupun DVD. Sedangkan Removable Disk F: menampilkan isi data Flash Disk maupun media penyimpanan eksternal lainnya. Berikut ini operasi dasar yang dapat digunakan untuk mengelola file dan folder di komputer melalui My Computer, Windows Explorer, dan My Documents.

1. Mengurutkan Tampilan Folder dan File
Komputer memperlihatkan daftar folder dan file sesuai urutan abjad. Anda juga dapat menampilkan sesuai urutan tertentu dengan cara klik kanan di area kosong Windows Explorer. Untuk mengelola file atau folder berdasarkan tanggal pembuatan, klik kanan kemudian klik Date. Jika ingin mengurutkan berdasarkan ukuran file, klik kanan kemudian klik Size.

2. Mengetahui Informasi Umum Sebuah File
Klik kanan folder atau file yang dimaksud kemudian pilih Properties. Informasi tentang ukuran, tanggal dibuat, dan informasi umum lainnya akan ditampilan. Sebaiknya, hindari melakukan perubahan di kotak dialog ini. Klik Cancel atau OK untuk menutup kotak dialog ini.

3. Mengganti Nama Folder atau File
Klik kanan folder atau file yangAnda maksud. Kemudian klik rename atau menekan tombol F2 pada keyboard. Isikan nama baru kemudian tekan enter.

4. Menghapus Folder/File
Klik kanan pada folder atau file yang dimaksud. Kemudian pilih dan klik delete. Pilih Yes untuk memastikan bahwa folder atau file tersebut dipindahkan dan dihapus ke Recycle Bin.

5. Menghapus Folder/File Secara Permanan
Jika Anda ingin menghapus file secara permanen atau tidak disimpan dulu pada Recycle Bin, klik kanan pada folder atau file, tekan tombol Shift pada keyboard sambil klik Delete. Klik Yes untuk menghapus folder/file secara permanen.

6. Mengcopy Folder/File
Klik kanan folder atau file yang dimaksud. Klik kanan kemudian pilih paste. Folder atau file akan disalin ake lokasi yang baru. Cara lain untuk mengkopi file atau folder adalah klik kanan pada folder atau file kemudian pilih Send To > pilih lokasi yang tersedia bisa ke drive C, D, E, flash disk, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.