Kamis, 25 Juli 2019

Membuat Password di Office



Membuat password di Office ini akan dicontohkan pada dua program yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excell

1. Membuat password PADA MS WORD
Memberi password pada file dokumen Office Word adalah salah satu trik mengamankan data. Banyak cara untuk membuat password di Microsoft Office Word. Mulai dari yang menggunakan software tambahan sampai tanpa software. Untuk membuat proteksi file Office Word tanpa software kita hanya mengandalkan fitur default Office Word. Dan ini merupakan langkah paling praktis. Walaupun memberi password file Word tanpa software, namun dijamin password akan sulit dijebol orang lain. Sehingga data-data penting kita tidak bisa dibuka orang lain dengan mudah, kecuali mengetahui passwordnya

Mungkin Anda tidak menyadari kalau Office Word ternyata dilengkapi dengan pembuatan proteksi. Selama ini kita tahu hanya Office Excel saja yang dilengkapi dengan fitur pemberian password.

Berikut Cara Membuat Password Pada File Dokumen Office Word
Apapun tujuannya, mari kita mulai saja pembahasan cara memberi password pada file dokumen Office Word. Silakan Anda buka file dokumen yang akan diproteksi dengan password. Kemudian Anda klik pilih tombol Office Button dan Save As. Atau langkah cepatnya Anda bisa menggunakan keyboard shortcut yaitu dengan menekan tombol F12 pada keyboard. Tutorial ini menggunakan Microsoft Office Word 2007. Namun kenyataannya Anda bisa mempraktikkan cara ini pada semua versi Office Word (2010, 2013, dan 2016).

Setelah kotak dialog Save As aktif, sebelum menentukan File Name dan klik Save, Anda meski klik pilih Tools kemudian General Options.

Nanti akan muncul pop-up General Options. Disinilah Anda bisa menentukan password untuk memproteksi file dokumen. Silakan Anda isi dengan password yang akan dibuat pada kolom Password to open. Berapapun karakter password yang kita masukkan, maka Office Word akan menerima. Jadi jumlah dan jenis karakter password tidak ditentukan (bebas). Setelah selesai menentukan password, sekarang Anda klik OK.

Begitu pop-up untuk mengisi Confirm Password aktif, silakan Anda isi lagi password yang sama pada kolom Reenter password to open. Klik OK, dan jika benar atau sesuai dengan pengisian password pertama maka kotak dialog Conform Password akan hilang.


Dengan begitu membuat password pada file dokumen Office Word telah diselesaikan dengan sempurna. Silakan Anda simpan (Save) file tersebut lalu coba buktikan, apakah ketika membuka file dokumen Anda diminta untuk memasukkan password atau tidak? Jika tidak, maka proses pembuatan password ada yang salah. Silakan baca lagi secara perlahan panduan diatas.


2. MEMBUAT PASSWORD PADA EXCEL
Memberi password pada file excel anda merupakan langkah yang tepat untuk mencegah orang lain dapat mengaksesnya. Apalagi jika file excel tersebut berisi data-data yang penting, seperti laporan keuangan, statistik penjualan dan lain sebagainya. Baiklah, simak langkah-langkah dibawah ini untuk memberi password pada file excel anda:

Pertama tama, Klik tab File yang terletak di pojok kiri atas.

Pada tab Info, pilih Protect Workbook > Encrypt with Password.

Untuk pengguna Offile 2007, ada sedikit perbedaan dengan Office 2010 sampai yang paling baru (Office 2016). Klik ikon Office yang terletak di pojok kiri atas, kemudian pilih Prepare > Encrypt Document.

Masukkan password yang anda inginkan. Disarankan menggunakan gabungan huruf dan angka. Penggunaan huruf besar dan kecil juga berpengaruh.

Masukkan ulang password anda.

Dokumen excel anda sudah berhasil dipassword.

Jika anda atau siapapun ingin membuka file excel anda, terlebih dahulu harus memasukkan passwordnya. Jika tidak, data atau sheet yang ada didalamnya tidak dapat dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.