Kamis, 19 Juni 2025

Mengenal Kompas

 

Secara umum, Kompas adalah alat penunjuk arah, dan karena sifat magnetnya, jarumnya akan selalu menunjuk arah utara selatan (meskipun utara yang dimaksud disini bukan utara yang sebenarnya, tapi utara magnetis). Secara khusus, Kompas adalah alat pengukur sudut magnet/sudut kompas

Secara fisik, kompas terdiri dari:

  1. Badan, tempat komponen lainnya berada
  2. Jarum, selalu menunjuk arah utara selatan, dengan catatan tidak dekat dengan magnet lain/tidak dipengaruhi medan magnet, dan pergerakan jarum tidak terganggu/peta dalam posisi horizontal.
  3. Skala Penunjuk, merupakan pembagian derajat sistem mata angin.

JENIS KOMPAS YANG BIASA DIGUNAKAN DALAM NAVIGASI DARAT ADA DUA MACAM:

  1. KOMPAS PRISMA (KOMPAS BIDIK / LENSA), misal Francis Barker M73, Brunton 5020, atau merk Lokal
  2. KOMPAS ORIENTEERING (BASE PLATE), misal Silva, Sunto, atau merk lokal ).

KOMPAS BIDIK

Kompas lainnya yaitu membidik sasaran dari lensa yang ditanam di dalam rumah kompasnya, cara melihat ini lebih akurat karena angka yang tertera di Dial sudah dapat dilihat dengan sangat jelas.

Ketika membeli Kompas baru yang harus di perhatikan / cek .

  • Bahwa dial tidak menempel
  • Kawat bidik tidak bengkok/ lurus
  • Kaca dan bagian lain tidak rusak
  • Angka-angka pada dial harus terbaca
  • Periksa akurasi sepanjang garis arah yang diketahui
  • Buang semua jenis kompas dengan lebih dari 3 ° + / - variasi .
  • Kompas Lensa akurat ke ½ ° derajat (lebih baik bila menggunakan skala mils ).

EFEK LOGAM DAN LISTRIK

Sangat mempengaruhi kinerja sebuah Kompas,

  • 55 meter : Listrik tegangan tinggi
  • 10 meter : Truk kontainer, Mobil, Kawat berduri
  • 2 meter : Senapan berburu
  • ½ meter : Pisau, senter logam, binocular, kamera
  • 10 cm : kepala sabuk logam, Penjepit kertas, cincin.
  • Jarak Lain : sumber magnet batuan geologi setempat

Memeriksa Kompas

Kompas terdiri dari instrumen yang lembut dan harus dirawat. Keterangan rinci diperlukan ketika pertama kali mendapatkan dan menggunakan kompas. Cek service penting diuraikan di bawah ini :

VISUAL INSPEKSI

  • Kompas Anda harus dibuka untuk melihat bahwa penutup kaca tidak rusak, keruh, atau retak dan pastikan bahwa dial kompas tidak menempel
  • Periksa penutup depan untuk melihat apakah kawat penutup hilang atau bengkok. Jika ya, gunakan pusat pembuka untuk tujuan pengamatan, bukan kawat
  • Lensa mata harus ditempatkan rata terhadap penutup kaca. Garis indeks pada  penutup kaca harus membagi dua pemandangan slot. Kemudian, dengan kompas tertutup, harus dicatat bahwa penampakan kawat juga membagi dua pemandangan slot.
  • Prosedur ini akan memastikan bahwa lensa mata tidak bengkok. Menekuk lembut lensa mata kembali ke sejajar tepat, jika perlu .
  • Periksa panel gelang dari kompas, tetapi harus membuat klik berbeda seperti yang diputar. Jika tidak klik, Anda harus menggunakan metode alternatif untuk malam pengaturan azimut .

PERAWATAN

Kompas lensa diciptakan untuk spesifikasi rinci yang dikembangkan dalam upaya untuk meningkatkan penggunaan. Memperhatikan prosedur pemeliharaan dengan sederhana akan secara signifikan menjaga kompas tetap baik. Prosedur pemeliharaan diuraikan di bawah ini :

  • Bilas di air tawar. Hal ini sangat penting, terutama setelah terkena air garam .
  • Sikat debu dan kotoran. Pastikan “lingkaran" pada gelang panel bebas dari kotoran. Periksa lensa belakang untuk memastikan ia bebas bergerak .

Kalibrasi

Sebuah kompas dalam kondisi kerja yang baik sangat akurat, tapi harus diperiksa secara berkala pada garis yang diketahui arah. Proses ini disebut kalibrasi kompas.

  • Perhatikan titik kalibrasi arah. Ini adalah kalibrasi magnetik arah dari satu titik ke titik yang ditunjuk
  • Bidik sebuah arah dari satu titik ke titik kalibrasi yang ditunjuk, dengan teknik menempelkan kompas-ke-pipi (dijelaskan secara rinci nanti dalam handout)
  • Pastikan Anda memeriksa efek pada kompas dari frame kacamata, jam tangan, cincin, dll Jika Anda mengenakan barang-barang ini di lapangan, pastikan Anda tidak mendekatkannya saat kompas Anda dikalibrasi.

PERHATIAN

Dalam memilih kompas, harus berdasarkan penggunaannya.

  • Namun secara umum, kompas yang baik adalah kompas yang jarumnya dapat menunjukkan arah utara secara konsisten dan tidak bergoyang-goyang dalam waktu lama.
  • Bahan dari badan kompas pun perlu diperhatikan harus dari bahan yang kuat/tahan banting mengingat kompas merupakan salah satu unsur vital dalam navigasi darat
  • Boleh beli kompas yang murah, namun perhatikan jarum kompas tidak bergoyang-goyang

Keterampilan yang harus dikuasai:

  1. Menghafal Arah angin dan derajat
  2. Praktik Cara memegang kompas Bidik dan Orientering
  3. Praktik Cara membidik sasaran dengan kompas Bidik dan Orientering
  4. Praktik Cara kunci arah pada kompas Bidik dan Orientering
  5. Menentukan sudut kompas (azimuth) dan backazimuth
  6. Praktik Melakukan jalan kompas (compass bearing) (kompas Bidik dan Orientering)
  7. Praktik masuk dan keluar ( in and out navigation)
  8. Mengukur langkah di medan (kaki, langkah, meter)
  9. Cara memilih kompas 
  10. Cara merawat kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.