Senin, 19 Juni 2023

Uji Terampil Calon Pelatih

1. Ilmu Penaksiran Medan (menentukan situasi dan kondisi di lapangan berdasar penaksiran)
a. menjelaskan IPM dengan efisien dan efektif
b. mengetahui panjang rentang ukuran tubuh sendiri secara tepat
c. menentukan lebar, dalam dan kecepatan sungai
d. menentukan tinggi (pohon, tebing, tiang)
e. menaksir waktu
f. menaksir jarak benda di kejauhan
g. menaksir tanda-tanda cuaca
h. menentukan arah tanpa kompas, dengan tanda di alam, bayangan dan perbintangan

2. Peralatan dan Perbekalan (mengenal ragam peralatan yang efisien dan efektif untuk kegiatan kepanduan)
a. menjelaskan materi Peralatan dan Packing peralatan dengan efektif
b. membawa peralatan lengkap untuk pendakian, setiap item minimal ada dua jenis yang berbeda (Topi, Baju lapangan, Gesper, Celana PDL, Sepatu PDL, Ransel, Tali, Kompor, Korek, Bahan Bakar, Nesting, Matras, Lampu, Pisau, Golok, Flysheet, dll)
c. memeragakan cara packing ransel dengan efektif
d. memeragakan cara pasang dan packing tenda dom dengan efektif
e. menuliskan/menjelaskan kebutuhan peralatan dan perbekalan untuk pendakian 3 hari (individual)


3. Komunikasi Lapangan (mengkomunikasikan pesan-pesan dengan kode/sandi yang sudah disepakati baik dalam kondisi normal maupun darurat)
a. Menjelaskan Teknik Komunikasi Lapangan dengan efektif
b. Membawa HT, Semaphore, peluit, Senter dan fire starter kit
c. Memeragakan komunikasi dengan HT
d. Memeragakan komunikasi semaphore
e. memeragakan teknik instruksi dengan peluit dan senter
f. Memeragakan teknik komunikasi/signal darurat (SOS)
body signal
cermin, cahaya
benda-benda, tumbuhan
asap

4. Navigasi Darat (melakukan pemetaan lapangan untuk menentukan tujuan yang akan dituju)
a. Membawa peta topografi, kompas bidik, kompas prisma, romer protactor, altimeter, penggaris, pensil, kertas
b. Memeragakan cara menggunakan Kompas Bidik, Kompas Prisma, Altimeter
c. Memeragakan 6 (enam) teknik peta kompas
1) Map Reading
2) Orientasi
3) Resection
4) Intersection
5) Azimuth
6) Back Azimuth
d. Menjelaskan cara menentukan arah tanpa kompas
e. Memeragakan cara membuat peta sederhana, menggunakan simbol baku Masapala

5. Lintas kering (melakukan pergeseraran personil dengan melintas melalui tali)
a. Membawa tali tambang 
b. Membuat lintasan lintas kering
c. Memeragakan teknik naik ke tali 
d. Memeragakan teknik lintas kering
e. Memeragakan cara menggulung tali besar

6. Turun tebing (melakukan pergerakan personil dengan menuruni tebing terjal atau bangunan vertikal)
a. Membawa tali kernmantel, figure eight, carabiner, sarung tangan, Helm
b. Membuat body harness dari webing
c. Memeragakan rubing teknik tanpa karabiner (dulfer, hasty)
d. Memeragakan rubing teknik dengan  karabiner (modified dulfer, komando, brake bar, figure eight)
e. Memeragakan turun tebing teknik komando-penyerbuan (jump rappeling, paku bumi)
f. Memeragakan praktik keamanan rappeling (belaying)

7. Panjat tebing (melakukan pergeseran personil dan melewati hambatan alam berupa tebing terjal)
a. Membawa tali kernmantel, figure eight, carabiner, ascender, webbing. Sling, harmess, sepatu panjat, bubuk
b. Melakukan teknik panjat tebing di Climbing Wall (GRJU) dengan berbagai teknik yang dikuasai
1) face climbing
2) friction / slab climbing
3) fissure climbing
4) chimneying
5) bridging
6) layback
7) handtraverse
8) mantelself
c. melakukan aba-aba dalam pemanjatan

8. Susur Sungai (mengenalkan ekologi sungai yang meliputi pengenalan arus air, komponen di dalam sungai, bentukan sungai, badan sungai, dan ling-kungan sekitar sungai)
a. menentukan sungai akan disusur 
b. mempersiapkan peralatan susur sungai seperti pelampung (model rompi atau life jacket), pakaian renang, sepatu dan helm
c. mampu melakukan renang gaya bebas dan trappen
d. melakukan susur sungai sejauh minimal 100 m

9. Bivak (mengenalkan teknik berlindung diri saat berada di alam bebas)
a. Membawa ponco, flysheet, tenda dom, golok, pisau, tali temali 
b. Mendirikan tenda dom dengan efektif 
c. Mendirikan tenda flysheet dengan efektif sesuai standar simpul tali
d. Membuat bivak dari 1 dan 2 ponco 
e. Membuat bivak dari flysheet 
f. Membuat bivak dari bahan alam 

10. Tali temali (mengenalkan berbagai teknik tali temali untuk berkegiatan di alam bebas)
a. Membawa tali kernmantel panjat tebing, kernmantel kecil, paracod, pramuka.
b. Menjelaskan tali temali dan karakteristiknya yang digunakan dalam kegiatan outdoor
c. Memeragakan 17 jenis simpul tali temali dalam kegiatan outdoor dan pemanfaatannya 
(1) Simpul sederhana (overhand knot, overhand loop knot)
2) Simpul Anyam (Sheet Bend)
3) Simpul Mati (Square Knot)
4) Simpul Delapan (Figure Eight Loop)
5) Simpul Kambing (Bowline Loop)
6) Simpul Jangkar (Cow Hitch)
7) Simpul Prusik (Prusik Knot)
8) Simpul Cepat Lepas (Evenk Hitch/Siberian Hitch/Mooring Hitch)
9) Simpul Tarik (Tautline Hitch)
10) Simpul Gantungan (Butterfly Loop)
11) Simpul Tangga (Marlinspike Hitch)
12) Simpul Pancing (Fishing Knot)
13) Simpul Jerat
14) Simpul Pangkal (Clove Hitch)
15) Simpul Kait (Pile Hitch)
16) Simpul Webing (Webing Knot)
17) Simpul Ujung Tali (Common Whipping)
18) Simpul Nelayan (Fisherman Knot)
d. membuat tangga dari tali dan kayu dengan simpul tangga
e. membuat gelang dari tali temali 
e. Memeragakan cara  meringkas/menggulung tali dengan benar 

11. PBB (membentuk personil dan postur kelompok yang berdisiplin tinggi)
a. Mengetahui jenis-jenis aba-aba dalam PBB
b. Memeragakan berbagai jenis aba-aba dalam PBB (20 aba-aba): 
1) sikap sempurna, 
2) sikap istirahat
3) periksa kerapihan
4) berhitung
5) lencang kanan/kiri
6) setengah lencang kanan/kiri
7) lencang depan
8) hadap kanan
9) hadap kiri
10) serong kanan
11) serong kiri
12) balik kanan
13) buka/tutup barisan
14) jalan di tempat
15) maju jalan
16) langkah tegap maju jalan
17) langkah ke kanan/kiri
18) langkah ke depan/belakang
19) berhimpun
20) Berkumpul formasi bersaf.
c. Memeragakan 
1) mengumpulkan orang dalam jumlah massal secara cepat

12. Tali Tinggi/High Rope (melakukan pergeseran personil melalui lintasan tali)
a. Membawa tali kernmantel panjang minimal 50 m, tali untuk prusik, tali webing
b. Membuat lintasan untuk panjat prusik 
c. Membuat untuk Flying Fock
d. Membuat body harness dari webing
e. Memeragakan cara melakukan panjat prusik (single rope technique/SRT), Jumaring
f. memeragakan cara melakukan lintas Flying Fock

13. Evakuasi dan P3K (melakukan pertolongan personil dengan pembidaian dan memindahkannya ke tempat yang lebih aman )
a. Persiapan melakukan evakuasi / P3K
b. memeragakan teknik evakuasi orang tanpa alat (1,2,3,4 penolong)
c. memeragakan cara membuat tandu 
1) kayu-tali (7 menit)
2) kayu-kain/selimut
3) kayu-sarung
d. Melipat kain mitella (lipat 2,4,8)
e. Melakukan pembidaian (luka jidat, luka kepala vertikal/horizontal, luka lengan atas, luka lengan bawah, luka sikut, luka lutut, luka dada, ..)

14. Sebrang Sungai (melakukan pergeseran personil ke seberang sungai)
a. Menentukan sungai yang dipilih (maksimal lebar 20 m)
b. membawa peralatan sebrang sungai yaitu tongkat, tali kernmantel panjang min 100m, pelampung, tali kernmantel kecil, Figure Eight, Cara-biner Skrup
c. melakukan teknik sebrang sungai teknik pendulum
d. mampu renang di arus deras dengan dan tanpa pelampung

15. Halang Rintang (melakukan pergeseran personil dengan melalui berbagai rintangan alam dan buatan)
a. memeragakan cara membuat lintasan dalam halang rintang (minimal 5 (lima) jenis)
b. memeragakan cara melakukan halang rintang

16. Perapian (menyalakan api dalam berbagai keadaan)
a. Menjelaskan teknik fire making dengan efektif
b. Memiliki/membuat kantong (pouch) Fire Starter 
c. Membawa 5 jenis tinder alam dan non alam 
d. Memeragakan fire making dengan teknik gesek, bentur dan jemur
e. Bisa masak dengan ukuran cukup (nasi, protein hewani, protein nabati, sayur/tumisan, olah bakar) 
f. Bisa membuat tinder langsung di alam
g. membuat tungku perapian kayu bakar di rumahnya


17. Zoologi dan Bootani Praktis (Wild Foraging)
a. Membawa peralatan untuk keperluan zoologi, bootani praktis (golok, pisau, tali, ketapel, pancingan, fire starter, nesting, ..)
b. menentukan tumuhan yang bisa dimakan
c. menentukan tumbuhan yang  bisa dijadikan obat
d. mendapatkan hewan darat yang bisa dimakan dengan atau tanpa peralatan
e. mendapatkan hewan air yang bisa dimakan dengan atau tanpa peralatan

18. Selam
a. Membawa peralatan untuk keperluan selam (sepatu katak, snorkling, pakaian renang/selam)
b. menentukan lokasi untuk praktik selam
c. melakukan renang gaya bebas dan trappen 
d. melakukan selam dengan teknik snorkling, pergerakan vertikal dan horizontal, di dasar

Note:
Semua faktor resiko dan keamanan yang mungkin muncul agar diperhatikan, dipertimbangkan dan diantisipasi oleh seluruh Calon Pelatih. Termasuk peralatan dan teknik yang digunakan saat ujian keterampilan melatih materi, dipertimbangkan dengan matang. 
Jika ada calon pelatih dengan materi sama, maka bisa bersama-sama latihan dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.