Rabu, 24 Juli 2019

Pengertian Beladiri



Beladiri adalah kemampuan untuk mempertahankan atau membela diri ketika berada dalam situasi berbahaya. Saat ini pengertian beladiri sudah berkembang jauh sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia itu sendiri. Istilah modern yang digunakan untuk menyebut beladiri adalah martial arts. 

Dalam sebuah pengertian disebutkan, Martial arts are codified systems and traditions of combat practices, which are practiced for a number of reasons: as self-defense, military and law enforcement applications, mental and spiritual development; as well as entertainment and the preservation of a nation's intangible cultural heritage. 

Menurut pengertian tersebut, martial arts (seni bela diri) adalah tradisi dan sistem yang dikodifikasikan sedemikian rupa untuk praktik tempur, yang dipraktekkan untuk sejumlah alasan diantaranya sebagai aplikasi pertahanan diri, militer dan penegakan hukum, pengembangan mental dan spiritual; serta hiburan dan pelestarian warisan budaya bangsa.

Menurut pengertian ini, martial arts bukan hanya merupakan kegiatan militer dan hukum, tetapi juga sudah berkembang menjadi kegiatan olah raga (sport), dengan berbagai varian diantaranya self defense (beladiri praktis), peningkatan kesehatan mental dan spiritual, hiburan, sampai aktifitas seni dan pelestarian budaya. 

B. Manfaat berlatih beladiri
Bukan hanya bermanfaat untuk persiapan perang atau belanegara, berlatih beladiri terbukti memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu :
1. membina kesehatan 
2. melatih kesabaran 
3. melatih kedisiplinan
4. melatih kepercayaan diri
5. melatih penguasaan dan pengendalian diri
6. melatih sikap sportif
7. melatih sikap pantang menyerah

C. Tujuan berlatih beladiri
1. menjadikan beladiri sebagai aktifitas olah raga, kesehatan, seni dan budaya, serta menjadikannya bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
2. mendidik dan membina keterampilan dan ketangkasan seni beladiri yang berdaya guna tinggi dan bernilai luhur.
3. mendidik dan membina anggota menjadi pribadi yang tangguh, disiplin, dan berani membela nilai-nilai kebenaran dan keadilan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.