Kamis, 25 Juli 2019

Klasifikasi Teknologi Informasi



Klasifikasi Teknologi Informasi dikelompokan menjadi :
1. Berdasarkan Fungsinya
a. Embeded IT yaitu system informasi yang melekat pada produk lain (VCR, Sistem pengendalian pada Lift)
b. Dedicated IT system yaitu system informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus seperti ATM.
c. General Purpose IT system yaitu system informasi yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas yang bersifat umum (PC, Gadget, Laptop)

2. Menurut Ukuran
Ukuran dalam pengklasifikasian system teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik (Super Komputer, Mainframe, Workstation, Micro kompter), tetapi juga bisa didasarkan pada ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan system yang ditawarkan, kecepatan proses, jumlah orang yang dapat menggunakan perangkat secara bersamaan.

3. Berdasarkan masukan data yang diolah, maka diklasifikasikan menjadi :
a. Komputer Analog, digunakan untuk mengolah data berkelanjutan dan bukan berupa data angka, melainkan bisa berbentuk fisik seperti arus listrik, temperature, tekanan, kecepatan dll
b. Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis ini yang digunakan untuk keperluan bisnis atau teknik. Keunggulannya adalah mempunyai tingkat ketepatan lebig tinggi disbanding analog, dapat menyimpan data, data yang disimpan dapat dikoreksi. Output yang dihasilkan bisa berupa huruf, angka, grafis atau gambar.
c. Komputer Hybrid, kombinasi Analog dan digital. Digunakan untuk aplikasi khusus (USG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.