Rabu, 24 Juli 2019

Resiko Renang



Berenang memanglah sebuah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun ternyata ada suatu resiko bagi para perenang saat berenang di kolam renang. Beberapa fakta ini perlu kita ketahui agar dapat memahami resiko yang akan kita hadapi.

1. Klorin Dalam Air Kolam Renang
Klorin merupakan suatu bahan kimia yang digunakan untuk membunuh bakteri di kolam renang. Namun, ternyata masih ada bakteri yang dapat hidup di air kolam renang yang berisi klorin itu. Salah satu bakteri yang dapat bertahan hidup dalam kolam renang tersebut adalah Pinworm.
Pinworm merupakan jenis cacing yang jika tertelan maka akan menimbulkan masalah serius pada pencernaan anda. Lebih mengejutkannya lagi, ia dapat bertahan selama 10 hari di dalam air panas sekalipun.

2. Aroma Kaporit yang Menyengat
Pasti anda sangat mengenal bau kaporit yang dicampur dalam air kolam renang bukan? Akan tetapi kenyataannya sangat mengejutkan. Air yang berbau kaporit tersebut ternyata adalah hasil pencampuran klorin dengan keringat, serta urin maupun cairan tubuh manusia lainnya. Karena, kolam renang yang bersih itu seharusnya tidak memiliki bau apapun.

3. Mengandung Urine dan Kotoran Manusia
Wah mungkin fakta ini sungguh mengejutkan bagi anda bukan? Survey yang dilakukan oleh Center of Disease Control (CDC) membuktikan bahwa dari 1000 orang dewasa 20% diantarany mengakui jika pernah buang air kecil di kolam renang umum.

Salah satu faktanya adalah jika saat anda merasakan mata anda perih saat berenang, itu bukanlah akibat dari bahan kimia klorin, melainkan klorin yang sudah tercampur dengan urine pada manusia. Penelitian juga mendapatkan adanya kontaminasi bakteri E.Coli yang biasanya di temukan pada fases manusia. Sejumlah penelitian tersebut telah menemukan sekitar 58% sampel dari kolam renang yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Anda tahukan bahwa setiap manusia memiliki sekitar 14 gram fases dalam pencernaannya? Nah saat manusia masuk ke kolam renang, pada saat itulah fases tersebut dapat terkontaminasi dengan air. lalu bagaimana anda membayangkan jika setiap hari ada 100 pengunjung di kolam renang tersebut?

4. Terdapat Resiko yang Menanti
Ada beberapa resiko yang akan anda nanti setelah berenang di kolam renang umum, diantaranya sebagai berikut :
a. Diare dan Infeksi Cacing
Resiko terjadinya diare saat anda berenang memanglah sangat memungkinkan pada kolam renang umum. Karena memiliki sanitasi yang buruk sehingga memungkinkan adanya bakteri E.Coli yang masih hidup di dalam air. Lalu juga dapat terjadinya infeksi cacing. Infeksi cacing ini dapat terjadi jika anda tidak mandi setelah berenang. Hal tersebut terjadi dimana larva masuk ke dalam tubuh anda melalui sela-sela kuku pada tangan dan kaki.

b. Infeksi Mata
Infeksi mata merupakan keluhan banyak orang yang selesai berenang di kolam renang pada umumnya. Infeksi ini biasanya diakibatkan karena adanya bakteri jenis Naegleriasis dan Acanthamoebiasis. Untuk mengantisipasi terjadinya infeksi mata, lebih baiknya anda mandi dengan air panas setelah usai berenang di kolam renang.

c. Infeksi Telinga dan Kulit
Infeksi yang terjadi pada telinga dan kulit ini diakibatkan karena adanya bakteri Pseodomonas aeruginosa. Bakteri ini mampu berkembang biak di dalam kolam renang yang walaupun sudah dicampur dengan desinfektan (semacam klorin). Sangat sering gejala ini terjadi tanpa kita sadarai. Dari gatal dan juga ruam kulit serta sakit pada telinga, hal tersebut dapat memicu masalah yang lebih serius tentunya.

d. Influenza
Air kolam ini dapat menjadi tempat perpindahannya virus influenza. Virus ini banyak dikenai oleh orang yang sedang flu tentunya. Virus ini dapat menyerang tubuh terutama ketika daya tahan tubuh kita menurun.

Infeksi Jamur Kaki
Infeksi Jamur Kaki tejadi karena adanya bakteri Tineas pedis yang dapat menyebabkan kulit terkelupas. Bakteri ini tidak hanya berada di kolam renang saja, namun juga terdapat di lantai dan tepi kolam.

Tips Agar Terhindar dari Resiko Renang
Pertama-Sebelum anda masuk ke kolam renang, usahakan anda mandi terlebih dahulu. Hali ini dilakukan agar menghilangkan residu pada kulit dan juga melembabkan kulit yang dapat mengurangi kontaminasi terhadap kuman.

Kedua-Hal ini pasti sering terjadi, yaitu menelan air kolam renang. Jangan sekali-kali anda menelannya karena anda tahukan resikonya?

Ketiga-Jika anda ingin membuka mata anda di dalam air kolam renang, lebih baik pakailah kaca mata renang.

Keempat-Jangan sekali-kali anda memakai sabun yang telah disediakan di dalam kamar mandi. Bawalah handuk serta peralatan mandi anda sendiri. Hal ini meminimalisirkan terjadinya kontaminasi terhadap kuman .

Kelima-Bersihkan diri anda sebersih mungkin ketika selesai berenang. Bersihkanlah tubuh anda dengan teliti dari mulai ujung kuku kaki sampai rambut anda. Agar kuman yang ikut setelah anda berenang terbilas dengan sempurna.

Keenam-Sering-seringlah minum air putih agar tehindar dari dehidrasi saat anda berenang. Dan jangan sekali-kali meminum air kolam renang.

Ketujuh-Sebisa mungkin gunakan alas kaki ketika anda berjalan di tepi kolam renang. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa adanya baktri yang hidup di tepi kolam tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.